PERAN KEPALA DESA DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DI DESA BAU KECAMATAN SOYO JAYA KABUPATEN MOROWALI UTARA

Manggato, Feni Yerisce (2019) PERAN KEPALA DESA DALAM PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT PADA PEMBANGUNAN DI DESA BAU KECAMATAN SOYO JAYA KABUPATEN MOROWALI UTARA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan didesa bau kecamatan soyo jaya kabupaten morowali utara dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pembangunan. Penelitian ini dilakukan di Desa Bau kecamatan soyo jaya kabupaten morowali utara. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah delapan tangga partisipasi masyarakat yaitu,Manipulasi,Terapi,Penyampaian informasi,Konsultasi,Peredamkemarahan,Kemitraan,Pendelegasian kekuasaan,Pengawasan masyarakat,dalam penelitian ini data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk memberikan gambaran mengenai permasalahan ditempat penelitian tersebut,dari hasil tersebut bahwa peran kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat yaitu pembangunan masih perlu ditingkatkan lagi. Dengan demikian faktor-faktor yang menghambat peran kepala desa adalah tidak adanya motivasi kerja dari masyarakat serta kepemimpinan kepala desa sangat diperlukan dalam partisipasi masyarakat,dan laporan/ informasi dimana dari faktor tersebut merupakan hal yang sangat penttng dalam mewujudkan peran kepala desa dalam peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di desa bau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: peran kepala desa, partisipasi
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:21
Last Modified: 14 Jan 2020 04:36
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item