IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SMP DAN SMA KECAMATAN POSO PESISIR DAN POSO PESISIR SELATAN

Sukarini, Ni Wayan (2021) IDENTIFIKASI HAMBATAN-HAMBATAN GURU IPA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA GURU SMP DAN SMA KECAMATAN POSO PESISIR DAN POSO PESISIR SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (322kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (326kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (317kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru IPA dalam pelaksanaan pembelajaran daring disekolah SMP dan SMA Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Poso Pesisir, SMPN 4 Poso Pesisir, SMPN 1 Poso Pesisir Selatan, SMPN Satap Pantangolemba, dan SMAN 1 Poso Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara yaitu dengan cara membagikan lembar wawancara kepada responden guru IPA terhadap pelaksanaan pembelajaran daring. Subjek penelitian ini adalah semua guru IPA di SMP dan SMA Kecamatan Poso Pesisir dan Poso Pesisir Selatan yang berjumlah 9 orang, data dianalisis berdasarkan dengan hasil wawancara yang diperoleh. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa hambatan-hambatan yang dialami guru dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran daring yaitu: kesulitan dalam penyusunan materi pembelajaran yang relevan, hambatan dalam penggunaan aplikasi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, pemahaman siswa, penyampaian materi pembelajaran, kuota dan jaringan internet, ketersediaan fasillitas belajar (Handphone), penilaian hasil belajar dan pengawasan. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran daring ini guru mengalami banyak hambatan sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:48
Last Modified: 04 Nov 2021 01:48
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item