PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 POSO PESISIR

Yulidyana, Yulidyana (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 1 POSO PESISIR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII pada SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 78 orang. Pengambilan sample menggunakan Purposive sampling dengan jumlah siswa 49 orang yang terdiri dari 25 orang siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan 24 orang siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui tes dan dokumentasi dan dianalisis dengan menggunakan t-Test melalui program SPSS 21. Temuan hasil peneiitian diperoleh nilal twtung sebesar 2,804 dan ttabel sebesar 2,11 dengan hipotesis t hitung> t^bei yaitu 2,804 > 2,11 sehingga diputuskan bahwa hasil akhir tes kelas eksperimen lebih baik dari pada hasil akhir tes kelas kontrol. Sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang Kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Pesisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 17 Mar 2021 03:11
Last Modified: 17 Mar 2021 03:11
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item View Item