UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 LAGE

Masmedion, Sepdiyanto (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 1 LAGE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (350kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kreatif-produktif pada materi sistem ekskresi pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lage. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA berjumlah 26 peserta didik terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan untuk uji penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Lage tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, serta tes hasil belajar diakhir siklus. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung ketuntasan belajar klasikal dan secara kualitatif dengan menghitung persentase nilai rata-rata kreativitas guru dan aktivitas siswa. Temuan hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 70% (cukup) dan aktivitas siswa sebesar 64% (cukup) dan ketuntasan belajar klasikal 50%. Dan pada siklus II diperoleh persentase nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 98% (sangat baik) dan aktivitas siswa sebesar 92% (sangat baik) dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 92%. Dari hasil penelitian yang diperoleh disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kreatif-produktif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran sistem ekskresi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Lage.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 17 Mar 2021 01:40
Last Modified: 17 Mar 2021 01:40
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year