KUALITAS PELAYANAN APARATUR DESA PADA KANTOR DESA LABUAN KECAMATAN RATOLINDO KABUPATEN TOJO UNA-UNA

Kasim, Sukmawati M. (2020) KUALITAS PELAYANAN APARATUR DESA PADA KANTOR DESA LABUAN KECAMATAN RATOLINDO KABUPATEN TOJO UNA-UNA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS SINTUWU MAROSO.

[img] Text
JUDUL.pdf

Download (297kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan aparatur di desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una, (2) Faktor pendukung dan penghambat pelayanan di desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una, metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena-fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan di desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una sudah diterapkan dimensi Tangible, Reliability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya. Namun ada beberapa indikator yang belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat, antara lain ketidak nyamanan tempat pelayanan termasuk sarana dan prasarana, belum ahlinya aparatur dalam menggunakan alat bantu dan ketidak ramahan aparatur dalam proses pelayanan. (2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan di desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una adalah kurangnya sumber daya aparatur dan masih kurangnya sarana prasarana. Sedangkan faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan aparatur satu sama lain, sering mengadakan rapat evaluasi setiap tiga bulan kemudian memberikan penanaman kesadaran melayani masyarakat dengan ikhlas dan adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan di desa Labuan Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Una-una.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik > Administrasi Publik
Depositing User: Perpustakaan UNSIMAR
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:15
Last Modified: 09 Mar 2021 07:15
URI: http://repository.unsimar.ac.id/id/eprint/1078

Actions (login required)

View Item View Item